Pages

Analisa Jurnal Ekonomi Teknik

Selasa, 26 September 2017
Jurnal ini membahas tentang penentuan jenis investasi dengan menggunakan analisa ekonomi teknik dan forecasting yang dibuat oleh Hendy Tannady dkk. Latar belakang pembuatan jurnal ini adalah karena banyak orang yang salah mengambil langkah dalam melakukan suatu investasi. Masyarakat mudah tergiur terhadap suatu hal baru yang menurutnya menguntungkan tanpa mencoba untuk menggali informasi lebih dalam.

Rumus dan teori yang terdapat pada jurnal ini sangat mudah dipahami karena pada dasarnya jurnal ini disasar untuk masyarakat umum.  Studi kasus yang diambil pada jurnal ini adalah melakukan perbandingan investasi di bank dan emas dengan dana Rp 15 juta, sehingga di akhir kita dapat mengetahui investasi mana yang lebih menguntungkan. Untuk dapat mengetahui yang mana yang lebih menguntungkan perlu diketahui terlebih dahulu konsep ekonomi teknik. Dalam ekonomi teknik ada beberapa metode dalam menentukan nilai, seperti present value dan future value. Dalam jurnal ini akan digunakan future value untuk membandingkan kedua jenis investasi tersebut. Metode peramalan yang digunakan adalah moving average, exponential smoothing, serta linear trend. Persentase kesalahan dalam ramalan didapat dengan mencari Mean Absolute Percent Error (MAPE).

Setelah membandingkan nilai dari investasi tersebut, maka dapat diketahui investasi mana yang menguntungkan. Di akhir jurnal ini dapat diambil kesimpulan bahwa investasi emas lebih menguntungkan daripada deposito bank. Hal ini disebabkan oleh 2 hal, yaitu:
1.      Meski bunga (i) emas jauh lebih kecil, namun kurs dollar yang mengalami tren naik dan diperkirakan akan tetap dialami hingga 2019 menyebabkan nilai emas meningkat pesat.
2.     Emas yang dimiliki dijual terlebih dahulu dalam bentuk dollar. Nilai F dari emas tidak berlaku jika emas dijual dalam bentuk rupiah karena harganya akan berbeda bahkan lebih kecil mengingat pergerakan dollar dan rupiah berbeda.

Banyak kasus penipuan investasi terjadi beberapa belakangan ini, salah satu contohnya adalah investasi bodong yang dilakukan oleh KSP Pandawa Mandiri Group. Perusahaan ini menawarkan bunga 10% setiap bulan kepada investor yang menanamkan uangnya, jauh lebih tinggi dari bunga deposito yang ditawarkan bank. Besar dana investor yang telah dilarikan sangat besar, total nilainya mencapai  Rp 3 triliun. Maka dari itu dengan adanya jurnal ini, pembaca diharapkan dapat memahami bagaimana memilih jenis investasi yang baik dan benar dan dapat lebih teliti dalam melakukan investasi terutama dengan minimnya biaya.

Jurnal dapat diunduh melalui link ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar