Pages

Keluarga

Jumat, 07 November 2014
Manusia adalah makhluk sosial, yaitu tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu, manusia membutuhkan keluarga, baik keluarga yang saling mempunyai ikatan darah maupun yang tidak. Pada tulisan ini lebih ditekankan kepada arti keluarga pada umumnya, yaitu keluarga sedarah yang terdiri dari orang tua dan anak. Keluarga mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Keluarga membentuk dan mendidik kita menjadi orang yang lebih baik, bermental kuat, berguna bagi orang lain. Hal ini semata-mata agar kita menjadi orang yang sukses di masa depan. Banyak orang sukses di dunia ini yang berasal dari keluarga yang hebat, yang selalu mendidik, memberikan kasih sayang, dan memotivasi.
Di lain sisi, keluarga yang buruk juga akan berdampak buruk pada anak. Tak ada satupun manusia yang ingin menjadi anak broken home. Broken home adalah suatu keadaan di mana hilangnya kasih sayang dari orang tua yang disebabkan oleh beberapa hal. Bisa saja itu karena pertengkaran atau perceraian, orang tua yang terlalu sibuk untuk mencari nafkah sehingga tidak ada waktu untuk mengurusi anaknya. Anak akan merasa sedih, kecewa, hampa akibat kurang mendapat perhatian. Ini akan berpengaruh pada perkembangan mental anak. Anak akan menjadi tidak sabar, egois, kasar dan mudah marah. Akibatnya mereka akan melampiaskan hal ini dengan melakukan hal-hal yang bersifat negatif, seperti merokok, meminum minuman keras, narkoba, mencuri, dan seks bebas. Banyak perampok, preman, dan psk yang berasal dari keluarga yang kurang memberikan perhatian kepada mereka.
Tetapi tidak semua anak broken home berujung kepada hal-hal negatif. Ada juga anak-anak broken home yang melampiaskan keadaan ini dengan melakukan hal-hal yang positif. Perbanyak ibadah dan aktif dalam berorganisasi dapat membantu anak-anak untuk melewati masa-masa sulit ini.

Inti dari tulisan ini, sebaiknya kita bersyukur jika kita memiliki keluarga yang selalu memberikan kasih sayang dan selalu ada untuk kita. Karena ada juga anak-anak di luar sana yang tidak seberuntung kita, yang sangat merindukan sebuah kehangatan dan kasih sayang keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar